Kamis, 31 Januari 2013

ETIMOLOGI MULTIMEDIA





              Multimedia adalah sesuata program yangg menggunakan beberapa alat dalam satu waktu kesempatan. Beberapa alat yang sering digunakan dalam multimedia adalah:
Komputer
Camera
Handicam
HP
Televisi
DVD
             Pengertian multimedia
      
  Multimedia bersala dari kata “MULTI” (banyak) dan “MEDIA” & wadah, medium. Jadi multimedia adalah  banyaknya media/ alat/ wadah/ medium yang digunakan untuk mengkomunikasikan informasi

         Multimedia adalah  penggunaan komputer untuk menyajikan dan mengambungkan teks, suara, gambar, animasi, dan video dengan alat bantu atau tool dan coneksi atau link sehingga pengguna dapat berinteraksi berkarya dan komunikasi.

         Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan dan juga diadopsi oleh permainan selain bidang tersebut multimedia dimanfaatkan juga di bidang pendidikan dan bisnis.

        Di dunia pendidikan multimedia digunakan sebagai media pengajaran baik kelas maupun secara sendiri-sendiri. 
 
Komputer  adalah alat yang untuk mengolah data menurut prosedur yang telah durumskan. Kata co,puter semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaanya melakikan perhitungan aritmatika, denag atau tanpa alat banatu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan mesin itu sendiri.

Kamera adalah alat untuk menangkap dan merekam gambar pada suatu lembaran potret ke lembaran film. Penegrtian kamera lainnya adalah sebuah alat yang terdiri dari gabungan alat optik, mekanik, dan elektronik yang fungsinya untuk menangkap gambar. Kamera merupakan alat paling populer dalam aktifitas fotografi.

Handphone adalah yang sering dikenaldengan nama ponsel merupakan perangkat yang memepunyai kemampuan dengan nama ponsel merupakan perangkat telekomunikasi elekteronik yang mempunyai  kemempuan dasar yang sama dengan  telpon konvesional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telpon menggunakan kabel.

Televisi adalah sebuah madia telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu monokrom (hitam-putih) maupn berwarna, sehingga televise dapat diartikan sebagai “ alat komunikasi jarak jauhyang menggunakan media visual/penglihatan.

DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif. Bentuknya sangat mirip dengan CD. Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses lebih cepat dibandingkan CD . DVD juga mampu menyimpan data lain seperti foto atau data informasi dari komputer.

Pengertian informasi adalah data yang telah diproses  menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat.

Animasi merupakan suatau teknik menmpilkan gambar berurut sedemikian sehingga penonton merasakn adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah animasi


Koneksi adalah suatu jaringan yang dapat menghubungkan dengan internet. Sebagian dapat menginstal jaringan agar mudah tersambung dengan internet.
E-learing merupakan suatu system pembelajaran dengan menggunakan peralatan tambahan untuk dapat menggunakannya dalam hal ini yang digunakan adalah komputer serta software penunjang lainnya seperti adobe macromedia flash player dan java.
Pengertian broadcasting suatu penyiaran yang dipelajarinya adalah dasar teknik elektonika dan digital, instalasi software system operasi dan aplikasi, PK3, dasar teknologi TV, teknik penulisan naskah, teknik fotografi, teknik videografi, teknik artistic, manajemen produksi, teknik penyutradaraan, teknik tata suara, teknik editing serta produksi program TV.

Pengertian Teks suatu untuk menjelaskan serta memaparkan segala sesuatu secara cinci dan detail. Sehingga semua hal yang dipaparkan akan terlihat lebih jelas dan mudah untuk dipahami.

Pengertian gambar berapa uraianberkaitan dengan pemahaman terhadap media gambar yang merupakan salah satu focus dalam penelitian, gambar menunjukan situasi yang sebenarnya, seperti melihat keadaan atau benda yang sesungguhnya. Kekeliruan dalam hal ini akan memberikan pengaruh yang tak diharapkan gambar yang palsu dikatakan asli.

Pengertian suara (audio) adalah sesuatu yang disebabkan perubahan tekanan udara yang menjangkau gendang telinga manusia.

Video adalah teknologi pemprosesan sinyal elektronik mewakilakn gambar bergerak.

Komputer interaktif adalah hubungan antara manusia (sebagai user/pengguna produk) dan komputer (sortware/aplikasi/produk dalam format file tertentu, biasanya dalam bentuk CD)








Mendeskripsikan Tentang Multimedia

Ciri-ciri umum system computer multimedia
Mempunyai kemampuan untuk merubah informasi dari analog seperti suara, musik dan video ke bentuk digital dan sebaliknya.
Interaktif yaitu  pengguna bisa berkomunikasi walaupun tidak secara langsung dengan data-data multimedia.
Empat sifat  penting produk multimedia
komputer, untuk melakukan koordinasi tentang apa yang diliat dan didengar oleh pemakai.
Links, yang menghubungkan informasi.
Navigations tools, yang memungkinkan pemakai untuk menjelajahi informasi yanag ditampilkan
Cara, untuk berbagi, memproses dan berkomunikasikan informasi dan ide pemakai.

Keunggulan Multimedia :
Menarik perhatian karena manusia memiliki keterbatasan daya ingat
Media alternatif dalam penyampaian pesan diperkuat dengan teks, suara, gambar, video dan animasi
Meningkatan kualitas penyampaian informasi
Interaktif
Kelemahan Multimedia :
Design yang buruk menyebabkan kebingungan dan kebosanan pesan tidak tersampaikan dengan baik
Kendala bagi orang dengan kemampuan terbatas/cacat/disable
Tuntutan terhadap spesifikasi komputer yang memadai

Standar Komputer Multimedia tahun 1190
16 MHz 386SX CPU
2 MB RAM
30 MB Hardisk
256-color, 640X480 VGA video card






Menjelaskan Multimedia Content
                Multimedia adalah penggunaan, pemprosesan beberapa media (teks, audio, graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (musik, video, film,  game, entertainment, dll)
Faktor-faktor produk multimedia diantara lain :
Media Teks
Menggunakan teks sebagai media dalam content production merupakan perkembangan manusia dari sejak pertama kali perabadan manusia yang dimulai dengan bentuk symbol kemudian berkembang dengan bentuk teks.

Media Audio
Teknologi canggih, filter suara, echo, selain dengan menggunakan handware saat ini banyak software untuk mengolah suara menjadi file suara digital dalam berbagai format.
Dua aspek krusial untuk mempersiapkan file audio digital :
Menyelasarkan kebutuhan kualitas suara dalam sumber daya RAM dan hardisk
Menyetel level recording yanga sesuai untuk mendapatkan cording yang bersih dan bagus.

Media Animasi
Animasi merupakan perubahan visual sepanjang waktu dan memberikan kekuatan besar pada proyek multimedia.
Teknik Animasi antara lain :
Identifikasi aktivitas yang akan ditampilkan jika terlalu kanfreks dapat dibuat dengan skrip tertulis
Membuat storyboard (jalan cerita/alir cerita) untuk mengvisualisasikan animasi
Pemilihan software animasi
Mengembangkan urutan
Penciptaan objek
Textur permukaan
Menambah cahaya
Experiment dengan cahaya
Memposisikan kamera
Melakukan urutan khusus dan menambah efek suara

Media Grafis/citra
Produk konten media grafis/citra adalah identik dengan tampilan 2D, bisa berbentuk gambar atupun teks.
Grafis bersifat gram, bersifat huruf dilambangkan huruf.
Grafis bersifat matematika, statistik dilambangkan dengan angka.





Media Interaktif
Dengan berkembangnya teknologi informasi maka media pembelajaran membutuhkan CD bahkan membutuhkan media internet dalam bentuk WAR.


Media Efekkhusus
Bertujuan untuk lebih mengidupkan gambar/ animasi sebagai backson sesuai dengan makna gambar.
Program yang digunakan efekkhusus :
Adobe
Showbiz DVD
Win DVD Cereater
Pinnacle studio plus
After effect
Ulend video studio
Nero utra Editor
Easy media creator
Studio 7
Perangkat hardware/ PC yang digunakan untuk multimedia :
PC dengan koneksi fire wire
Prosesor yang cepat (terbaru)
ROM yang berkapasitas besar minimal 23GB
Kapasitas hardisk yang benar
Perangkat accesories (speaker, printer multimedia, scanner, wabcam)








BAB II
A.      Sejarah Multimedia
Multimedia pertama kali dikenakan oleh seseorang pembuat film yang berasal dari jerman pada tahun 1931 tetapi yang mempopulerkan istilah multimedia diciptakan oleh Bob gold stein untuk mempromosikan pertunjukannya pada tanggal 10 Agustus 1966, kemudian oleh Richard mendambakan music dan visual didalam penggunaan multimedia.
Pada tahun 70’an David Sawyer mendambakan presentasi yang terdiri dari multi proyek SLIDE yang digunakan untuk mencetak audio.
                Multimedia dapat disimpulkan adalah penggunaan komputer untuk menajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tools) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernampigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan tetapi juga diadopsi oleh dunia games.
                Istilah multimedia digunakan dalam media yang kontras dengan hanya menggunakan bentuk-bentuk tradisional, dicetak/yang diproduksi multimedia mencangkup kombinasi antara teks, audio, gambar diam, animasi, video dan bentuk konten interaksi fitas.
                Multimedia biasanya direkam dan ditampilkan, atau diakses oleh perangkat pengelolahan isi informasi seperti komputer dan perangkat elektronik tetapi dapat juga menjadi bagian dari sebuah live pervomence multimedia juga mengambarkan media elektronik perangkat yang digunakan untuk menyimpan dan merekam hal-hal dalam konten multiimedia.

B.      Komputer Multimedia
Komputer multimedia adalah sebuah komputer dengan sertifikasi tertentu dan dilengkapi dengan beberapa stersiperal (kemampuan khusus dalam komputer) yang digunakan untuk mengolah teks, grafik, audio, animasi dn video untuk menjadi sebuah gabungan informasi dan hiburan yang inofatif dan kreatif.
Beberapa pertimbangan untuk membuat produksi video digital
·         Komputer dengan koneksi file wire (IEEE 1394 atau link) dan kabel
·         Processor yang cepat
·         RAM yang besar kapasitasnya
·         Kapasitas hardisk harus besar
·         Tamppilkan kedua kalinya untuk lebih memastikan perangkat lunak editing
·         Mixer audio untuk mengatur output suara dari camcorder pem-bicara eksternal
·         Perangkat lunak editing non linier (NLE)





Media Animasi
Animasi merupakan perubahan visual sepanjang waktu dan memberikan kekuatan besar pada proyek multimedia.
Teknik animasi antara lain :
1.       Identifikasi aktifitas yang akan ditampikan, jika terlalu komplek dapat dibuat dengan skripsi tertulis dengan daftar aktifitas dan objek yang diperlukan
2.       Buatlah storyboard untuk memvisualisasikan animasi
3.       Pilih piranti animasi yang sesuai dengan pekerjaan tersebut
4.       Kembangkan urutannya, meliputi penciptaan objek, teksture permukaan, penambah cahaya, bereksperimen dengan efek cahaya, memposisikan kamera
5.       Melakukan rendering khusus dan menambah efek suara
Media Grafis/citra
Produk content media grafis/citra adalah identik dengan tampilan 2D bisa berbentuk gambar maupun teks.
1.       Grafis bersifat graf, bersifat huruf, delambangkan dengan huruf
2.       Bersifat matematika, statistik, wujud titik-titik dan garis-garis atau bidang-bidangh yang secara visual dapat menjelaskan hubungan yang ingin disajikan
Media Interaktif
Berkembang pesatnya produksi CD pembelajaran yang menyajikan proses pembelajaran secara mandiri sampai pada evaluasi hasil pembelajaran, media ini disebut juga dengan istilah e-learning selain dikemas dalam bentuk CD tetapi dapat disajikan melalui media internet yaitu pada web.
Media Efekkhusus
Menampilkan suatau gambar untuk lebih hidup kadangkala dibutuhkan efek khusus sebagai back sound sesuai dengan makna gambar yang ditampilkan. Demikian halnya gambar dan video iyang termasuk dalam kategori software aplikasi pembuatan efek khusus adalah :
ü  Adobe                                 
ü  Show Biz DVD
ü  WinDVD Creater
ü  Element Premier
ü  Pinnacle Studio Plus
ü  After Effect
ü  Ulead Video Studio
ü  Nero Ultra Edition
ü  Power Director


Menjelaskan Multimedia Communication
                Multimedia communication (komunikasi multimedia) komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara 2 orang atau lebih sehingga pesan tersebut dapat dipahami. Multimedia merupakan kombinasi teks, seni, animasi, gambar, dengan dilengkapi audio yang dikomunikasikan/ disampaikan baik melalui komputer atau peralatan manipulasi elektronik dan digital lain (vaughan 2006).




 
Keterkaitan antara multimedia production dengan multimedia Broadcasting/ Publishing.
Saran media penyampaian komunikasi multimedia yaitu dapat melalui :
1.       TV (siaran)
2.       Radio
3.       Film
4.       Cetak
5.       Musik
6.       Game
7.       Entertaiment
8.       Tutorial
9.       Information comunication teknologi (internet)



Mengapa multimedia penting  ???
1.       Merupakan pemicu (triggers) pembaca memperoleh suatu yang lebih dibandingkan topik yang dipeajari
2.       Sangat efektif dalam penymapaian informasi
·         Orang tertain (mampu mengingat) dari 20% yang dilihat dan 30% yang didengar
·         Orang yang mengingat 50% dari apa yang mereka dengar dan dilihat

Manfaat multimedia :
1.       Pendidikan : tutorial, ensklopeda (misal: microsoft encartal, instruksional)
2.       Informasi : pariwisata, museum, galeri seni
3.       Hiburan : games, seni, pertunjukan
4.       Kedokteran : x-ray scanner
5.       Dll.

Sejarah istilah “ MULTIMEDIA”
                           Isilah “multimedia” diciptakan oleh Bob Goldsyein (kemudian “Bobb Goldsteinn) untuk memporomosikan juli 1966 pembukaannya “Lighworks di L’ioursin” menunjukan di Southampon, Long island. Pasa tanggal 10 agustus 1966, Richard Albarino dari Variety meminjam terminologi, melaporkan : “gagasansongscribe-komik Bob (‘washington square’) Goldstien, yang ‘Lighworks’ adalah multimedia terbaru musik cum- visual untuk disebut sebagai diskotik tarif.
v  Dua tahun kemudian, pada tahun 1968, istilah multimedia adalah kembali disesuaikan untuk mengambarkan karya seorang konsultan politik, David Sawyer, suami itis sawyer salah satu produser Goldstien di L’oursin.
Dalam selang empat tahun, kata telah diambil pada makna yang berbeda. Pada akhir 1970-an istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan presentasi terdiri sari multi-proyektor slide diatur untuk melacak audio. (rujukan?) namun, pada tahun 1990-an “multimedia” mengambil makna saat ini.
v  Penggunaan bahasa jerman masyarakat, Gesellschaft fur deutsche sprach gebrauch, memutuskan utuk mengenali kata yang makna dan ubiquitousness pada 1990-an dengan pemberian gelar itu “word of the years” ditahyn 1995. Institut diringkas dasar pemikirannya dengan mengatakan (“Multimedia”) telah menjadi kata sentral dalam dunia media baru yang indah

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (Link) sehingga pengguna dapat ber-navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, multimedia juga diadobsi oleh dunia game.
Istilah ini digunakan dalam media yang kontras dengan hanya menggunakan bentuk-bentuk tradisional dicetak atau tangan-bahan yang diproduksi.
Multimedia mencangkup kombinasi antara lain :
*      Teks
*      Audio
*      Gambar diam
*      Animasi
*      Video
*      Dan bentuk konten interaktif
Multimedia biasanya direkam dan bermain, ditampilkan atau diakses oleh perangkat elektronik, tetapi dapat juga menjadi bagian dari sebuah live performance. Multimedia (sebagai kota sifat) jiga mengambarkan media elektronik perangkat yang digunakan.
v  Multimedia dibedakan dari campuran media dalm seni rupa : pleh termasuk audio, misalnya, ia memiliki lingkup yang lebih luas. Istilah “rich media” adalah sinonim untuk multimedia interaktif.

Komputer multimedia adalah sebuah komputer dengan spesifikasi tertentu dan dilengkapi dengan beberpah peripheral yang digunakan untuk mengolah teks, grafik, audio, animasi dan video untuk menjadi sebuah informasi dan hiburan secara kreatif dan interaktif.













Standar komputer multimedia tahun 1990
ü  16 MHz 386SX CPU
ü  2MB EAM
ü  30 MB hard disk
ü  256-color, 640X480 video card
ü  1x CD ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1 second seek time
ü  Sound card outputting 22KHz, 16-bit sound : and inputting 11KHz, 8 bit sound
ü  Windows 3.0 with multimedia extensions.
Pada tahun 1993 :
ü  25 MHz 386SX CPU
ü  4 MB RAM
ü  160 MB hard disk
ü  2x CD ROOM drive using no more that 40% of CPU to read-with <400 ms seek time
ü  Sound card outputting 44KHz, 16-bit sound
ü  Windows 3.0 with multimedia extensions, or windows 3.1

Pada tahun 1996
ü  75 MHz 386SX CPU
ü  4 MB RAM
ü  540 MB hard disk
ü  Video system that can show 352X240 at 30 frames per second 15-bit color
ü  MPEG 1 handware or software video playback
ü  2x CD ROOM drive using no more than 40% of CPU to read, with <400 ms seek time
ü  Sound card outputting 44 KHz, 16-bit sound windows 3.11








BAB IV
                                   pengertian umum multimedia
                                   Multimedia adalah sarana atau prinati  komunikasi melalui lebih dari satu media komunikasi yang menyampaikan informasi dengan menggunkan komputer yang dalam penyampaiannya berupa teks, audio grafik, animasi dan video.
1.       Struktur sistem informasi multimedia
Ada empat struktur sistem informasi multimedia menurut Laura Lemay dimana masing-masing struktur memiliki tujuan dan kegunaan yang berbeda-beda
1.       Struktur Linear
Struktur ini cocok untuk menonjolkan arus tingkatan bila ingin menonjolkan topik tiap tingkatan
2.       Struktur Herarki
Struktur ini lebih cocok untuk menonjolkan semua level secara bersama
3.       Struktur Piramida
Struktur ini akan lebih cocok apabila digunakan untuk menunjukan semua tingkatan yang memiliki resource yang sama.
4.       Struktur Polar
Didalam struktur ini kita akan melihat bahwa semua tingkatan resource yang universal.
                                   Lingkungan yang menggunakan Multimedia :
1.       Multimedia dalam bisnis
Aplikasi bisnis untuk multimedia meliputi presentasi, pelatihan, pemasaran, perikanan, demo produk, data base, katalog, pesan kilat, dan komunikasi jaringan.
2.       Multimedia disekolah
Aplikasinya pembuatan media pembelajaran interktif, mendesain dan mengoperasikan situs-situs web.
3.       Multimedia dirumah
Meliputi berkebun, memasakan sampai mendesain rumah, pemodelan ulang dan memperbaiki perangkat lunak.
4.       Multimedia ditempat umum
Seperti dihotel, stasiun, kereta api, mall, museum, took grosir, terminal dan kios stan aloen.

Istilah-istilah umum dibidang multimedia :
1.       Multimedia interaktif
Multimedia yang pengguna akhir/ user dapat mengontrol apa dan dalam hal apa urutan elemen multimedia dikirimkan .
2.       Programmer multimedia
Programmer yang mengintegrasikan elemen – elemen suatu proyek ke dalam bentuk keseluruhan yang harus menggunkan sebuah system autoring/ bahasa pemprogramman.
3.       Multimedia Linier (urutan)
Sebuah struktur multimedia dimana pengguna bernavigasi sesuai urutan dari suatu frame/ bite informasi ke yang lain.
4.       Multimedia nonlinier
Struktur multimedia dimana pengguna menavigasi  secara bebas ke dalam isi suatu proyek tidak dibatasi oleh rute yang ditentukan.
5.       Proyek multimedia
Sarana perangkat lunak pesan dan isi yang dapat di presentasikan pada sebuah layar computer/televisi . juga mempunyai arti proses pembuatan multimedia.

Tahap- tahap pembuatan proyek multimedia
Perencanaan dan pembiayaan
                Sebelum melakukan pembuatan proyek kita harus melakukan perencanaan dan memprediksikan biaya yang akan dikeluarkan.
Desain dan produksi
                Setelah melakukan perencanaan dan menghitung pembiayaan, tahap selanjutnya dalah mendesain produk, kemudian dilanjutkan ketahup produksi.
Pengujian
                Ini adalah tahap terpenting karena dengan melakukan pengujian kita bisa mengetahui kualitas produk yang dibuat.
Pengiriman
                Setelah melakukan tahap pengujian, selanjutnya adalah pengiriman. Tahap ini merupakan tahap akhir
Perangkat keras